08 Juni 2020 12:16:14
Ditulis oleh Admin

Mengenal Jenis Bantuan Yang Diterima Warga

Yuk mari kita Belajar dan fahami bareng-bareng dari bermacam bantuan yang telah disalurkan kepada warga. Biar tidak timbul fitnah antara kita disaat pandemi  Covid-19 sedang melanda.

Pemerintah mengambil kebijakan berupa bantuan antara lain;

  1. PKH
  2. BPNT KABUPATEN/PROVINSI/KEMENSOS
  3. BLT Dana Desa
  4. BLT KEMENSOS
  5. BST Kementerian/kemensos
  6. JAMINAN LANJUT USIA

Mari kita uraikan satu per satu istilah diatas;

  1. Program Keluarga Harapan (PKH) adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada keluarga miskin yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH. Kriteria keluarga penerima manfaat PKH adalah keluarga miskin yang memenuhi minimal salah satu syarat, seperti ibu hamil/menyusui, memiki anak berusia 0 sampai dengan 5 tahun 11 bulan, Memiliki anak SD/MI atau sederajat, memiliki anak SMP/MTs atau sederajat. Memiliki anak anak SMA/MA atau sederajat. PKH juga diberikan kepada keluargadengan anak usia 6 sampai dengan 21 tahun yang belum menyelesaikan wajib belajar 12 tahun. Selain itu PKH juga diberikan untuk keluarga lanjut usia diutamakan mulai dari 70 tahun dan penyandang disabilitas diutamakan penyandang disabilitas berat.

Kebanyakan penerima PKH juga mendapat fasilitas lain seperti ; pelayanan kesehatan , pelayanan pendidikan, dan pelayanan kesejahteraan sosial.

Jadi walaupun miskin tapi tidak ada kategori za gak bisa masuk. Datanya langsung dari kemensos, bukan pendamping yang mendata.

  1. BPNT (dulu namanya Raskin) adalah Bantuan Pangan Non Tunai, bentuknya berupa Bahan Makanan yang disalurkan melalui E-warong yang merupakan agen bank, pedagang atau pihak lain yang telah bekerja sama dengan bank penyalur dan ditentukan sebagai tempat pencairan/penukaran/pembelian bahan pangan oleh KPM. Mereka yang memperoleh bantuan ini biasanya diberi kartu berwarna merah putih semacam ATM yang bertulis “Kartu Keluarga Sejahtera”.
  2. BLT DD adalah Bantuan Lansung Tunai yang bersumber dari Dana Desa. Karena dana ini mengacu perhitungan 25% dari Dana Desa yang diperoleh Masing-masing Desa, maka dari itu setiap desa pasti berbeda dalam segi kuota penerima. Besarannya 600 ribu per bulan dan direncanakan selama 3 bulan (selama tidak ada peraturan baru dari pemerintah pusat)

Siapa yang dibantu BLT Dana Desa?

Warga yang berhak menerima BLT-DD ini memiliki tiga kriteria, yakni pertama warga miskin, kedua belum menerima bantuan baik dari pemerintah pusat maupun Pemerintah daerah, ketiga penerima merupakan warga yang secara ekonominya terkena dampak akibat pandemi global covid-19.

  1. BLT KEMENSOS : Bantuan Langsung Tunai yang berasal dari pemerintah pusat yang pendistribusianya melalui tranfer BANK HIMBARA dan sebagian besar diterimakan melalui PT. POS Indonesia. Penerimaannya langsung kepada si penerima.
  2. BST Kementerian adalah bantuan bentuk Tunai diperuntukkan bagi rata-rata didaerah perkotaan atau kelurahan.
  3. JSUL (Jaminan Sosial Usia Lanjut) adalah dana jaminan sosial yang diberikan langsung secara tunai kepada warga yang lanjut usia (usia 60th keatas) tidak potensial sebesar Rp 300.000/orang/bulan selama satu tahun. Bantuan tersebut berasal dari pemerintah pusat.

Kesimpulanya :

Ternyata bantuan itu banyak dan yang bertanggungg jawab pada setiap bantuan juga berbeda.

  1. PKH penanggung jawabnya kememterian sosial pusat, data dari mereka,

dan ada Pendamping khusus.

  1. BPNT itu penanggung jawabnya Dinas Sosial Kabupaten dan pembagiannya oleh Dinas langsung, desa hanya ditempati untuk mempermudah dalam distribusi ke KPM.
  2. BLT DANA DESA jadi tanggung jawabnya pemerintah desa .
  3. BST PUSAT ini tanggung jawabnya Kementerian Sosial pusat juga .

Bagi anda yang ingin tau siapa saja warga Desa Bader yang mendapatkan bantuan, silahkan klik link dibawah ini.



Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus