13 Desember 2019 09:42:38
Ditulis oleh Admin

PELATIHAN PENGELOLAAN BUMDesa BADER

Bader-Jatirogo.desa.id   - BUMDes  merupakan wadah bagi semua aktifitas ekonomi di Desa yang diharapkan dapat menjadi mesin uang untuk meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PAD).  Agar nanti apabila Dana Desa yang saat ini diluncurkan oleh Pemerintah pusat  dikurangi atau bahkan distop, Desa tetap bisa melanjutkan pembangunan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan warganya.

Demi mewujudkan angan-angan tersebut Pemerintah Desa Bader melaksanakan Pelatihan Pengelolaan BUMDes yang dilaksanakan pada tanggal 12/12/19 bertempat  di pendopo balai desa. Yang diundang dalam acara tersebut yaitu pengurus BUMDes Mulyorejo, BPD dan seluruh Perangkat Desa Bader. Acara yang berlangsung kurang lebih 3 jam itu menghadirkan Narasumber dari Tenaga Ahli BUMDes Provinsi , Bpk. Novi Hendrawirawan. Beliau yang  juga sebagai salah satu Dosen Teknik di Universitas Ronggolawe Tuban itu menyampaikan banyak hal tentang BUMDes. Salah satunya terkait tentang 6 prinsip yang harus dipegang dalam menjalankan BUMDes ;

  1. Kooperatif : adanya kerjasama yang baik
  2. Partisipatif : adanya dukungan dan kontributif
  3. Emansipatif : adanya perlakuan yang sama
  4. Transparan : dapat diketahui/terbuka
  5. Akuntabel : dapat dipertanggung jawabkan
  6. Sustainabel : dapat dikembangkan/dilestarikan      

Kata  yang sering disampaikan beliau kepada hadirin yaitu  “ ATM ( Awasi Tiru Modifikasi )”, maksutnya meskipun kita meniru tapi kita tetap harus kreatif untuk menempatkan  sesuatu pada tempatnya.  “janganlah berfikir yang besar dulu, tapi lihatlah peluang/potensi  yang ada disekitar  kita” kata pak Novi memberikan motifasi.

Beliau juga menyampaikan bahwa sebenarnya kunci sukses BUMDes itu tergantung  pada 3 pilar yang ada di desa, yaitu  antara Kepala Desa, BPD, dan Pengelola BUMDes itu sendiri.

selagi ketiganya terjalin hubungan yang harmonis, insaallah BUMDes akan berjalan dengan baik” tambah beliau.

Pemerintah Desa berharap setelah diadakanya pelatihan, pengurus baru BUMDes Mulyorejo punya gambaran serta lebih mantap dalam mengolah modal yang sudah dianggarkan dalam APBDes tahun ini.



Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus