12 Maret 2019 14:21:11
Ditulis oleh Admin

Syarat Pemilih Dalam PILKADES 2019

Bader-jatirogo (12/3/19) Sebelum penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) pada 21/3/19, Panitia Pilkades Desa Bader melakukan pendataan bagi warga yang sudah memenuhi syarat sebagai pemilih  pada PILKADES 10 juli 2019. Ini dilaksanakan agar DPS yang nanti ditetapkan akan memuat data yang akurat.

Panitia harus extra hati-hati dalam melaksanakan tugasnya, karena banyak hal-hal baru dalam pilkades serentak pada tahun ini. Salah satunya terkait dengan syarat menjadi pemilih. Syarat-syarat yang sudah dituangkan dalam PERBUB Tuban No. 20 Tahun 2018 itu diperkuat lagi dengan surat Bupati Tuban No.140/1363/414.106/2019 tertanggal 8 maret 2019. Dalam surat tersebut dijelaskan bahwa diantara syarat untuk menjadi pemilih dalam PILKADES 2019 adalah sebagai berikut :

1. Pada prinsipnya yang menjadi pedoman terkait dengan DOMISILI  adalah Administrasi Kependudukan bukan Domisili fisik, namun demikian sebagai bukti domisili administrasi kependudukan seseorang TIDAK HARUS KTP-el atau Surat Keterangan dari Dukcapil, dengan perincian sebagai berikut :

  1. penduduk asli Desa setempat dapat didaftar sebagai pemilih sepanjang sudah berusia 17 tahun pada tanggal 10 juli 2019, yang dibuktikan dengan KTP-el atau KK terbitan tahun 2012 atau setelahnya dan terdaftar dalam database SIAK Desa,
  2. atau belum berusia 17 tahun tapi sudah/ pernah menikah , yang dibuktikan dengan Akta Nikah/ Akta Cerai,
  3. penduduk Desa setempat yang sudah pindah tempat dan database di SIAK Desa sudah dihapus, maka yang bersangkutan harus dicoret dari DPT dan tidak dapat memilih meskipun yang bersangkutan masih memegang KTP dan/ atau KK Desa setempat,
  4. penduduk pendatang dapat didaftar sebagai pemilih jika yang bersangkutan telah terdaftar di database SIAK Desa, terhitung 6 bulan sebelum DPS Pilkades ditetapkan, dibuktikan printout screenshot database SIAK yang bersangkutan yang ditandatangani oleh petugas OPSI Desa.

2. Penduduk Desa yang diindikasi sebagai pemilih ganda dengan wilayah lain dapat didaftar sebagai pemilih dengan syarat harus mendapat Surat Keterangan Pernah Rekam KTP-el dari Dinas Dukcapil.

3. Penduduk Desa yang dalam database SIAK mengalami FLAG, harus mendapat konsulidasi dari Dinas Dukcapil.

4. Penduduk asli Desa setempat yang belum pernah rekam KTP-el dan yang bersangkutan tidak bisa menunjukkan bukti KK terbitan tahun 2012 dan setelahnya TIDAK DAPAT didaftat dalam daftar pemilih.

Dari keterangan diatas diharapkan peran aktif masyarakat untuk memahami semua aturan terkait pelaksaan tahapan PILKADES, karena ini dapat mengurangi timbulnya masalah. 


Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus